Jumat, 29 Oktober 2010

Pemuth Gigi dari Tanaman Gelagah

Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional merupakan warisan nenek moyang dan dengan landasan empirik telah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Pengolahannya dilakukan secara sederhana dan tradisional, sehingga obat tradisional lebih mudah diterima masyarakat karena merupakan bagian
kebudayaan bangsa.
Saat ini memutihkan gigi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Pemutihan gigi merupakan salah satu upaya yang sudah lama dikenal dalam ilmu kedokteran gigi. Sayangnya bahan yang digunakan untuk memutihkan gigi hingga saat ini masih banyak yang bersifat toksik terhadap jaringan rongga mulut. Padahal dengan eksplorasi bahan alam tradisional yang banyak terdapat di Indonesia, didapatkanlah satu tanaman yang aman dimanfaatkan sebagai pemutih gigi.
Dimasyarakat salama ini rumput-rumputan termasuk tanaman yang tidak menguntungkan dan tidak memiliki nilai ekonomis bagi manusia. Namun belum lama ini ditemukan tanaman jenis rerumputan yang dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan berupa rumput Glagah (Sacharum Spontanium L.). Jenis rumputan ini mengandung senyawa bioaktif saponin yakni busa yang dapat mengikat zaat warna. Dengan daya kerjanya yang dapat mengikat zat warna maka dapat digunakan untuk memutihkan gigi.
Selama ini pemutih gigi yang sering digunakan berasal dari bahan kimia  yang pada dasarnya baik untuk memutihkan gigi. Namun bahan kimia terebut memiliki efek samping yang dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh dan sensitive. Berbeda halnya dengan Glagah (Sacharum Spontanium L.) yang zat aktifnya bekerja dengan mengikat zat warna secara alami dengan cara adanya busa yang ditimbulkan oleh saponin. Pemanfaatan Glagah (Sacharum Spontanium L.) dapat lebih praktis bila dibuat dalam bentuk sediaan tertentu seperti sediaan bentuk mouthwash. Selama 3 ini sediaan mouthwash digunakan sebagai penyegar, pembersih flak, dan penghilang bau mulut. Hal inilah yang mendasari pengembangan terhadap sediaan mouthwash untuk menambah nilai surplus mouthwash itu sendiri sebagai zat pemutih gigi.

Lebih lengkap: download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar